Rabu, 12 Desember 2012

Cara Mengatasi Penyakit Demam Pada Anak



Banyak orang tua yang sangat khawatir bila anaknya mengalami demam. Ini wajar karena demam pada anak tidak bisa dianggap sepele. Anak-anak sangat rentan karena antibodinya belum cukup kuat untuk menyembuhkan segala macam penyakit. Tapi perlu diingat bahwa demam tidak selalu dianggap penyakit, tetapi demam juga merupakan reaksi positif tubuh. Indikator reaksi positif tubuh melalui demam ini bisa terjadi karena adanya penumpukan racun dalam tubuh yang terlalu banyak sehingga tubuh kita harus meningkatkan suhu tubuh untuk menghasilkan ekstra panas yang berguna untuk membakar atau menetralisasi kelebihan racun yang harus dibuang yang tak bisa diproses pada suhu normal tubuh.

Berikut ini Cara Penanganan untuk Menyembuhkan Demam pada Anak :
  1. Perbanyak minum air putih agar keseimbangan cairan dalam tubuh tetap terjaga saat demam. Hal ini dikarenakan ketika demam, tubuh manusia membakar cairan lebih cepat dari biasanya.
  2. Minum air madu hangat sesering mungkin. Lebih baik lagi bila madu ini dicampur dengan air kelapa muda. Karena minuman ini sangat baik untuk menurunkan demam.
  3. Jangan memaksa memberi makan bila anak sedang tidak nafsu makan. Tetapi beri makanan yang ringan dan mudah dicerna. Makanan seperti berbagai macam jus buah yang manis, bubur, dll. Lebih baik lagi bila jus buah juga ditambahkan dengan madu.
  4. Para orang tua harus memperhatikan buang air besar pada anak. Jangan sampai anak mengalami sulit buang air besar dan harus setiap hari. Karena BAB yang jarang atau sulit bisa menjadi penyebab demam pada anak.
  5. Bila si anak memang mengalami kesulitan buang air besar, berikan saja jus buah pepaya ditambah melon dan madu tiga kali dalam 1 hari. Minuman ini untuk melancarkan proses buang air besar karena kekurangan serat.
  6. Bila si anak mengalami demam dengan panas yang cukup tinggi maka kompres kening, kepala dan ketiaknya dengan air dingin. Dan bila si anak mengalami penyakit demam dengan panas yang sangat tinggi, maka kompres sekujur tubuhnya dengan air dingin.
  7. Jangan menutup badan si anak dengan selimut ketika mengalami demam.
  8. Pijatlah sekitar kelopak mata bawah dan alis mata anak. Hal ini akan membantu menurunkan demam dan juga mengurangi ketidaknyamanan di sekitar kepala anak yang sedang mengalami demam.
  9. Ramuan tradisional yang biasa ibu-ibu berikan pada anak yang mengalami demam juga cukup manjur untuk digunakan. Ramuan tradisional ini terbuat dari bawang merah yang ditumbuk kemudian dicampur dengan minyak kelapa atau baby oil. Lalu dioleskan ke seluruh tubuh anak. 
  10. Obat penurun panas yang banyak dijual di toko obat/apotik hanya boleh diberikan bila si anak mengalami demam yang tidak terkontrol, dengan pemberian ekstra cairan (banyak minum) dan kompres lokal. 
  11. Jangan lupa untuk membawa anak ke dokter bila demam tidak kunjung sembuh setelah berhari-hari. Ini untuk mencegah penyakit yang sangat serius yang diawali dengan gejala demam. 
Semoga tips-tips cara menyembuhkan demam pada anak di atas dapat berguna. Disarankan untuk tidak sembarangan memberikan obat tanpa resep dokter. Apalagi memberikan si anak obat penurun panas untuk orang dewasa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar