Sabtu, 26 Januari 2013

Macam-macam Penyakit Mulut


Macam-macam Penyakit Mulut
Sama halnya seperti gigi, mulut pun perlu dijaga kesehatannya. Ketika Anda menyepelekan masalah kebersihan dan kesehatannya, bisa-bisa terkena macam-macam penyakit mulut seperti berikut ini :
Bau mulut
Penyakit mulut yang biasa dijumpai adalah bau mulut yang sangat menyengat. Kondisi ini disebabkan oleh gigi dan gusi kurang bersih, sariawan, infeksi atau luka pada mulut, mengkonsumsi bawang putih dan bawang merah, merokok, alkohol, dan gigi palsu yang tidak terawat.
Radang Mulut
Radang mulut disebabkan infeksi jamur dan pengobatannya biasanya menggunakan tablet hisap antifungal. Penyakit ini memiliki ciri lidah berwarna pucat dan terdapat bercak kuning keputihan yang bisa dikeruk dengan mudah. Rasa perih terasa pada bercak tersebut jika terkena makanan atau saat menyikat gigi.
Glossitis
Penyakit mulut satu ini membuat lidah terasa sakit karena adanya rekahan. Kondisi ini terjadi akibat jaringan pelindung di permukaan lidah tidak terbentuk secara sempurna. Untuk pengobatannya harus diketahui dahulu apa penyebabnya, bisa karena anemia atau kekurangan vitamin tertentu.
Bibir dan mulut perih
Waspadai penyakit syphilis yang tertular akibat oral seks yang bisa menyebabkan mulut terasa perih. Keluhan perih ini biasanya akan hilang setelah beberapa hari. Namun jika terasa perih lebih dari 3 minggu, bisa saja pertanda adanya kanker.
Infeksi virus herpes simpleks
Penyakit ini memiliki gejala adanya titik-titik berwarna kuning pucat di lidah, suhu tubuh tinggi hingga 38 derajat celcius atau lebih, terkadang muncul rasa nyeri hingga perit di sekitar bibir, diawali dengan lepuh selesma atau lepuhan yang sangat sakit. Jika Anda memiliki daya tahan tubuh bagus, gejala ini akan hilang dalam beberapa hari.
Coxsackle virus
Anak-anak biasanya terserang virus ini, selain pada mulut, titik-titik merah pun bisa menyerang tangan dan kaki, terkadang bisa diiringi demam atau mengigil. Penyakit ini biasa juga disebut sindrom tangan, kaki, dan mulut. Mengingat virus ini menular maka anak harus diisolasi dari teman-teman bermainnya. Berikan anak makanan tinggi protein dan istirahat cukup agar daya tahan tubuh meningkat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar